Selasa, 25 Oktober 2011

PROPOSAL BIMBINGAN BELAJAR


BAB I PENDAHULUAN
1.1          Latar belakang
Kebutuhan akan pendidkan akan menningkat terutama di Negara berkembang  seperti Indonesia.Pendidikan formal maupun non formal sangant penting karena untuk meningkatkan kualitas SDM (sumber daya manusia) di Indonesia.Ada dua pendidikan yang sangat kita kenal yang perta ma pendidikan formal yaitu (TK,SD,SMP,SMA,dll) dan yang  ke dua yaitu peendidikan non formal yaitu (les computer, atau Bimbel).Pendidikan formal tentu sangat di perlikan karena untuk mempeoleh kelulusan.Dalam hal ini pendidikan di non formal tidak kalah penting dengan pendidikan formal karena dengan pendidikan non formal sanganak dapat mengali potensinya,yang mungkin belum seluruhnya  bias di peroleh melali jenjang pendidikan formal
Mengenai permasalahan diatas kami berminat untuk melakukan setudy kelayanan usaha dalam bidang jasa pendidikan.Disini sangat menarik selain mengunakan modal yang tidak banyak ia juga menggunakan SDM yang tidak terlalu banyak  namun mampu memberikan solusi bagi masyarakat yang ingin mengikuti bimingan belajar karena harganya yang terjangkau.Oleh karna itu  dengan argumentasi latar belakang ini lah kamii mengambil judul “Bimbingan Belajar”
1.2          Permasalahan
                a.  Bagaimana model usaha bimbel yang akan di jalankan
                b. Tipe belajar apa yang harus di terapkan di bimbel tersebut
                c. Apa yang di peroleh siswa dari bimbel
                d. Apa pengarus pendidikan tesebut kepada tingkat pendidian anak bansa
1.3          Maksud dan tujuan
                a. Mengetahui model usaha yang akan di jalankan
                b.Mengetahui tipe pelajaran apa yang harus di terapkan dalam bimbel tersebut
                c. Mengetahui manfat yang di terima masyarakat sekitar loksi bimbel
BAB II DESKRIPSI KELAYAKAN ASPEK
2.1 Aspek pemasaran
                Dalam bagian ini kami akan paparkan beberapa program yang akan kami tawarkan di bmbingan belajar khususnya untuk anak ,SD,SMP,SMA,dll,yang ingin mengali potensinya.Dengan metode pengajaran yang begitumudah, praktis,tidak teoristis dan materi yang di sajikan degan penyajian        soal -soal yang umum dan khusus dalam materi yang sedang di pelajari di masing masing jenjang.

Berikut table level  atau tingkatan beserta tagihan perbulan masing masing level
Tingkatan                    baiya pendaftaran           biaya per bulan
1.       SMA                      Rp.250.000,-                       Rp.175.000,-
2.       SMP                       Rp.200.000,-                       Rp.140.000,-
3.       SD/TK                    Rp.185.000,-                       Rp.160.000,-

 Jadwal bimbingan belajar
                 Pagi                                           Siang                                    Malam
1.       08.30-10.00                         13.00-14.30                         19.00-20.30
2.       10.00-11.30                         14.30-16.00                         20.30-22.00
Semua pertemuan dilakukan secara regular tiga kali seminggu dalam durasi 90 menit/pertemuan
2.2   Aspek Yuridis
Aspek yuridis berguna untuk membuktikan bahwa usaha yang kita jalankan memiliki dasar hukum yang jelas,sehingga usaha yang kita jalankan mudah melakukan kerjasama dengan berbagai instalaasi karna legal keberadaannya.
 Aspek Financial
Dalam menjalankan usaha ini sebenarnya tidak memerlukan dana yang besar.Seperti yang sudah kami promosikan tempat bimbel ini tidak memungut biaya yang banyak namun berkualitas.
Jumalah biaya semuanya di setelah di hitung adalah : Rp.262.840.000,-
1.       Biaya renovasi dan pembangunan……………………………………………..                Rp.185.750.000,-
2.       Biaya pekerjaan sipil………………………………………………………………….. Rp.     8.650.000,-
3.       Perabotan dan Peralatan belajar mengajar………………………………. Rp.   16.000.000,-
4.       Perlengkapan Administrasi……………………………………………………….. Rp.     5.000.000,-
5.       Biaya Pra-Oprasi…………………………………………………………………………  Rp.   8.820.000,-
6.       Continguensi……………………………………………………………………………..  Rp.12.500.000,-
7.       Modal kerja permanen……………………………………………………………..  Rp.26.120.000,-
8.       Jumlah biaya usaha……………………………………………………………………  Rp.262.840.000,-
Perkiraan pendapatan usaha
                Dalam perhitungan perkiraan kami,kami menghitung seara kasar(tidak secara akurat),namun perhitungan kami keakuratannya mencapai 90%
Berikut perhitungan pendapatan dari biaya pembayaran siswa tiap bulan.
1.       Untuk biaya bulanan anak SD/TK tiap bulanya     Rp.160.000,- X 45 =Rp. 7.200.000,-
2.       Untuk biaya bulanan anak SMP tiap bulannya     Rp.140.000,- X 33 =Rp. 4.620.000,-
3.       Untuk biaya bulanan anak SMA tiap bulannya     Rp.175.000,- X 30 =Rp. 5.250.000,
Jumlah semuanya adalah :………………………………………………………………….. = Rp.16.070.000,-
Total pemasukan perbulan Rp.16.070.000 taksiran pengeluaran rutin perbulan :
1.       Rekening Air,listrik,dan telepon ………………………………= Rp.1.125.000,-
2.       Penyusutan peralatan kantor…………………………………..= Rp.     500.000,-
3.       Iuran keamanan……………………………………………………….= Rp.    175.000,-
4.       Biaya takterduga……………………………………………………..=Rp.    950.000,-
Total Fix cost/bulan…………………………………………………=Rp.2.750.000,-
Taksiran laba kotor
Laba kotor = Total pemasukan – Total fix cost =Rp.16.070.000, - Rp.2.750.000,
Laba kotor =Rp.13.320.000,-
Taksiran pay back periode
Dengan total biaya usaha sebesar Rp.262.840.000,-dan laba kotor sebesar Rp.13.320.000,- maka akan di peroleh pay back periode selama :
Rp.262.840.000,- 19,372 bulan atau 20 bulan Rp.13.320.000,-/bulan
2.3 Aspek sosial
        Menurut perkiraan kami,dampak yang kemngkinana akan timbul adalah mengankat tingkat pendidikan di daerah sekitar tempat bimbel

BAB III KESIMPULAN DAN PENUTUP

Kesimpulan
1.       Model usaha yang kami jalankan adalah bimbingan belajar yang memperioritaskan tingkat kecerdasan siwa yang belajar di tempat bimbel kami.
2.       Bimbingan belajar ini sebagai penambah wawansan dan penambah pengetahuan bagi siswa yang belajar di tempat bimbel kami
Penutup
Dengan mengacu pada uraian kam di atas maka kami juga memiliki harapa-harapan kedepan nantinya.dalam kurun waktu 6 bulan tempat bimbingan belajar kami teah du kenal di daeah Jakarta selatan,dan pada kurun waktu 1 tahun tempat kami telah memenuhi daya tamping ,kurun waktu 2 tahun kami telah memiliki cabang hampir di seluruh Jakarta,pada kurun waktu ke 3 tempat bimbingan belajar kami telah di kenal di seluruh daerah jabodetabek.Pada kurun waktu ke 5 tempat bimbingan melajar kami telah memiliki cabang di seluruh jabodetabek.











               

Tidak ada komentar:

Posting Komentar