BAB I PENDAHULUAN
1.1 Latar belakang
Kebutuhan akan pendidkan akan menningkat
terutama di Negara berkembang seperti
Indonesia.Pendidikan formal maupun non formal sangant penting karena untuk meningkatkan
kualitas SDM (sumber daya manusia) di Indonesia.Ada dua pendidikan yang sangat
kita kenal yang perta ma pendidikan formal yaitu (TK,SD,SMP,SMA,dll) dan
yang ke dua yaitu peendidikan non formal
yaitu (les computer, atau Bimbel).Pendidikan formal tentu sangat di perlikan
karena untuk mempeoleh kelulusan.Dalam hal ini pendidikan di non formal tidak
kalah penting dengan pendidikan formal karena dengan pendidikan non formal sanganak
dapat mengali potensinya,yang mungkin belum seluruhnya bias di peroleh melali jenjang pendidikan
formal
Mengenai permasalahan diatas kami
berminat untuk melakukan setudy kelayanan usaha dalam bidang jasa
pendidikan.Disini sangat menarik selain mengunakan modal yang tidak banyak ia
juga menggunakan SDM yang tidak terlalu banyak namun mampu memberikan solusi bagi masyarakat
yang ingin mengikuti bimingan belajar karena harganya yang terjangkau.Oleh
karna itu dengan argumentasi latar
belakang ini lah kamii mengambil judul “Bimbingan Belajar”
1.2 Permasalahan
a. Bagaimana model usaha bimbel yang akan di
jalankan
b.
Tipe belajar apa yang harus di terapkan di bimbel tersebut
c.
Apa yang di peroleh siswa dari bimbel
d.
Apa pengarus pendidikan tesebut kepada tingkat pendidian anak bansa
1.3 Maksud dan tujuan
a.
Mengetahui model usaha yang akan di jalankan
b.Mengetahui
tipe pelajaran apa yang harus di terapkan dalam bimbel tersebut
c.
Mengetahui manfat yang di terima masyarakat sekitar loksi bimbel
BAB II DESKRIPSI
KELAYAKAN ASPEK
2.1 Aspek pemasaran
Dalam
bagian ini kami akan paparkan beberapa program yang akan kami tawarkan di
bmbingan belajar khususnya untuk anak ,SD,SMP,SMA,dll,yang ingin mengali
potensinya.Dengan metode pengajaran yang begitumudah, praktis,tidak teoristis
dan materi yang di sajikan degan penyajian soal -soal yang umum dan khusus dalam
materi yang sedang di pelajari di masing masing jenjang.
Berikut table level atau tingkatan beserta tagihan perbulan
masing masing level
Tingkatan baiya pendaftaran biaya per bulan
1.
SMA Rp.250.000,- Rp.175.000,-
2.
SMP Rp.200.000,- Rp.140.000,-
3.
SD/TK Rp.185.000,- Rp.160.000,-
Jadwal bimbingan belajar
Pagi Siang Malam
1.
08.30-10.00 13.00-14.30 19.00-20.30
2.
10.00-11.30 14.30-16.00 20.30-22.00
Semua pertemuan dilakukan secara regular tiga
kali seminggu dalam durasi 90 menit/pertemuan
2.2 Aspek
Yuridis
Aspek
yuridis berguna untuk membuktikan bahwa usaha yang kita jalankan memiliki dasar
hukum yang jelas,sehingga usaha yang kita jalankan mudah melakukan kerjasama
dengan berbagai instalaasi karna legal keberadaannya.
Aspek Financial
Dalam
menjalankan usaha ini sebenarnya tidak memerlukan dana yang besar.Seperti yang
sudah kami promosikan tempat bimbel ini tidak memungut biaya yang banyak namun
berkualitas.
Jumalah
biaya semuanya di setelah di hitung adalah : Rp.262.840.000,-
1.
Biaya renovasi dan pembangunan…………………………………………….. Rp.185.750.000,-
2.
Biaya pekerjaan sipil………………………………………………………………….. Rp.
8.650.000,-
3.
Perabotan dan Peralatan belajar mengajar………………………………. Rp. 16.000.000,-
4.
Perlengkapan Administrasi……………………………………………………….. Rp. 5.000.000,-
5.
Biaya Pra-Oprasi………………………………………………………………………… Rp.
8.820.000,-
6.
Continguensi…………………………………………………………………………….. Rp.12.500.000,-
7.
Modal kerja permanen…………………………………………………………….. Rp.26.120.000,-
8.
Jumlah biaya usaha…………………………………………………………………… Rp.262.840.000,-
Perkiraan pendapatan usaha
Dalam
perhitungan perkiraan kami,kami menghitung seara kasar(tidak secara
akurat),namun perhitungan kami keakuratannya mencapai 90%
Berikut perhitungan pendapatan dari biaya
pembayaran siswa tiap bulan.
1.
Untuk biaya bulanan anak SD/TK tiap bulanya Rp.160.000,- X 45 =Rp. 7.200.000,-
2.
Untuk biaya bulanan anak SMP tiap bulannya Rp.140.000,- X 33 =Rp. 4.620.000,-
3.
Untuk biaya bulanan anak SMA tiap bulannya Rp.175.000,- X 30 =Rp. 5.250.000,
Jumlah
semuanya adalah :………………………………………………………………….. = Rp.16.070.000,-
Total
pemasukan perbulan Rp.16.070.000 taksiran pengeluaran rutin perbulan :
1.
Rekening Air,listrik,dan telepon ………………………………=
Rp.1.125.000,-
2.
Penyusutan peralatan kantor…………………………………..= Rp. 500.000,-
3.
Iuran keamanan……………………………………………………….= Rp. 175.000,-
4.
Biaya takterduga……………………………………………………..=Rp. 950.000,-
Total
Fix cost/bulan…………………………………………………=Rp.2.750.000,-
Taksiran laba kotor
Laba
kotor = Total pemasukan – Total fix cost =Rp.16.070.000, - Rp.2.750.000,
Laba
kotor =Rp.13.320.000,-
Taksiran pay back periode
Dengan
total biaya usaha sebesar Rp.262.840.000,-dan laba kotor sebesar
Rp.13.320.000,- maka akan di peroleh pay back periode selama :
Rp.262.840.000,-
19,372 bulan atau 20 bulan Rp.13.320.000,-/bulan
2.3
Aspek sosial
Menurut
perkiraan kami,dampak yang kemngkinana akan timbul adalah mengankat tingkat
pendidikan di daerah sekitar tempat bimbel
BAB III
KESIMPULAN DAN PENUTUP
Kesimpulan
1.
Model usaha yang kami jalankan adalah bimbingan
belajar yang memperioritaskan tingkat kecerdasan siwa yang belajar di tempat
bimbel kami.
2.
Bimbingan belajar ini sebagai penambah wawansan
dan penambah pengetahuan bagi siswa yang belajar di tempat bimbel kami
Penutup
Dengan mengacu pada uraian kam di atas maka
kami juga memiliki harapa-harapan kedepan nantinya.dalam kurun waktu 6 bulan
tempat bimbingan belajar kami teah du kenal di daeah Jakarta selatan,dan pada
kurun waktu 1 tahun tempat kami telah memenuhi daya tamping ,kurun waktu 2
tahun kami telah memiliki cabang hampir di seluruh Jakarta,pada kurun waktu ke
3 tempat bimbingan belajar kami telah di kenal di seluruh daerah jabodetabek.Pada
kurun waktu ke 5 tempat bimbingan melajar kami telah memiliki cabang di seluruh
jabodetabek.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar