Rabu, 31 Oktober 2012

TUJUAN DAN FUNGSI KOPERASI


KITA HARUS SEDIKIT MENGAMALKAN DAN MENJALANKAN FUNGSI DAN TUJUAN DARI KOPERASI TERSEBUT SEBAT DENAG MELAKUKAN KOPERASI KITA MELAKUKAN USAHA KECIL-KECILA YANG SESUAI DENAGAN YANG KITA KETAHUI,ADAPUN TUJUAN DAN FUNGSI KOPERASI TERSEBUT: Tujuan & Nilai Perusahaan Bisnis - Theory of the firm; perusahaan perlu menetapkan tujuan - Mendefinisikan organisasi - Mengkoordinasi keputusan - Menyediakan norma - Sasaran yang lebih nyata - Tujuan perusahaan : - Maximize profit, maximize the value of the firm, minimize cost Koperasi - Berorientasi pada profit oriented & benefit oriented - Landasan operasional didasarkan pada pelayanan (service at a cost) - Memajukan kesejahteraan anggota merupakan prioritas utama (UU No. 25, 1992) - Kesulitan utama pada pengukuran nilai benefit dan nilai perusahaan Kontribusi Teori Bisnis pada Success Koperasi - Maximization of sales (William Banmoldb); usaha untuk memaksimumkan penjualan setelah keuntungan yang diperoleh telah memuaskan para pemegang saham (stake holders) - Maximization of management utility (Oliver Williamson); penerapan pemisahan pemilik dan manajemen (separation of management from ownership) dan maksimalisasi penggunaan manajemen - Satisfying Behaviour (Herbert Simon); diperlukan adanya perjuangan dan usaha keras dari pihak manajemen untuk memuaskan beberapa tujuan yang telah ditentukan, seperti sales, growth, market share, dll. Kontribusi Teori Laba pada Success Koperasi -Konsep laba dalam koperasi adalah SHU; semakin tinggi partisipasi anggota, maka semakin tinggi manfaat yang diterima. -Innovation theory of profit; perolehan laba yang maksimal karena adanya keberhasilan organisasi dalam melakukan inovasi terhadap produknya. -Managerial Efficiency Theory of profit; organisasi yang dikelola dengan efisien akan meraih laba di atas rata-rata laba normal. Kegiatan Usaha Key success factors kegiatan usaha koperasi : - Status dan motif anggota koperasi - Bidang usaha (bisnis) - Permodalan Koperasi - Manajemen Koperasi - Organisasi Koperasi - Sistem Pembagian Keuntungan (Sisa Hasil Usaha) Status & Motif Anggota Anggota sebagai pemilik (owners) dan sekaligus pengguna (users/customers) - Owners : menanamkan modal investasi - Customers : memanfaatkan pelayanan usaha koperasi dengan maksimal - Kriteria minimal anggota koperasi - Tidak berada di bawah garis kemiskinan & memiliki potensi ekonomi - Memiliki pola income reguler yang pasti Bisnis Koperasi - Usaha yang berkaitan langsung dengan kepentingan anggota untuk meningkatkan kesejahteraan anggota. - Dapat memberikan pelayanan untuk masyarakat (bila terdapat kelebihan kapasitas; dalam rangka optimalisasi economies of scale). - Usaha dan peran utama dalam bidang sendi kehidupan ekonomi rakyat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar