KITA HARUS SEDIKIT MENGAMALKAN DAN MENJALANKAN FUNGSI DAN
TUJUAN DARI KOPERASI TERSEBUT SEBAT DENAG MELAKUKAN KOPERASI KITA MELAKUKAN
USAHA KECIL-KECILA YANG SESUAI DENAGAN YANG KITA KETAHUI,ADAPUN TUJUAN DAN
FUNGSI KOPERASI TERSEBUT: Tujuan & Nilai Perusahaan Bisnis - Theory of the
firm; perusahaan perlu menetapkan tujuan - Mendefinisikan organisasi -
Mengkoordinasi keputusan - Menyediakan norma - Sasaran yang lebih nyata -
Tujuan perusahaan : - Maximize profit, maximize the value of the firm, minimize
cost Koperasi - Berorientasi pada profit oriented & benefit oriented -
Landasan operasional didasarkan pada pelayanan (service at a cost) - Memajukan
kesejahteraan anggota merupakan prioritas utama (UU No. 25, 1992) - Kesulitan
utama pada pengukuran nilai benefit dan nilai perusahaan Kontribusi Teori
Bisnis pada Success Koperasi - Maximization of sales (William Banmoldb); usaha
untuk memaksimumkan penjualan setelah keuntungan yang diperoleh telah memuaskan
para pemegang saham (stake holders) - Maximization of management utility
(Oliver Williamson); penerapan pemisahan pemilik dan manajemen (separation of
management from ownership) dan maksimalisasi penggunaan manajemen - Satisfying
Behaviour (Herbert Simon); diperlukan adanya perjuangan dan usaha keras dari pihak
manajemen untuk memuaskan beberapa tujuan yang telah ditentukan, seperti sales,
growth, market share, dll. Kontribusi Teori Laba pada Success Koperasi -Konsep
laba dalam koperasi adalah SHU; semakin tinggi partisipasi anggota, maka
semakin tinggi manfaat yang diterima. -Innovation theory of profit; perolehan
laba yang maksimal karena adanya keberhasilan organisasi dalam melakukan
inovasi terhadap produknya. -Managerial Efficiency Theory of profit; organisasi
yang dikelola dengan efisien akan meraih laba di atas rata-rata laba normal.
Kegiatan Usaha Key success factors kegiatan usaha koperasi : - Status dan motif
anggota koperasi - Bidang usaha (bisnis) - Permodalan Koperasi - Manajemen
Koperasi - Organisasi Koperasi - Sistem Pembagian Keuntungan (Sisa Hasil Usaha)
Status & Motif Anggota Anggota sebagai pemilik (owners) dan sekaligus
pengguna (users/customers) - Owners : menanamkan modal investasi - Customers :
memanfaatkan pelayanan usaha koperasi dengan maksimal - Kriteria minimal
anggota koperasi - Tidak berada di bawah garis kemiskinan & memiliki
potensi ekonomi - Memiliki pola income reguler yang pasti Bisnis Koperasi -
Usaha yang berkaitan langsung dengan kepentingan anggota untuk meningkatkan
kesejahteraan anggota. - Dapat memberikan pelayanan untuk masyarakat (bila
terdapat kelebihan kapasitas; dalam rangka optimalisasi economies of scale). -
Usaha dan peran utama dalam bidang sendi kehidupan ekonomi rakyat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar